Jumat, 30 September 2011

SEJARAH SINGKAT INDOMOBIL FINANCE

Indomobil Finance adalah perusahaan pembiayaan yang bernaung dalam Indomobil Group yang berdiri sejak tahun 1993 dan bergerak dibidang usaha Consumer Finance, Leasing dan Factoring dengan prioritas pada kendaraan bermotor (mobil dan motor) produk Indomobil Group.

Sesuai dengan motto perusahaan yaitu: "Sumber Pembiayaan yang Handal dan Terpercaya"
Indomobil Finance telah melakukan berbagai langkah untuk menjadi perusahaan yang "handal" dengan cara :

* Pengembangan sumber daya manusia yang tiada henti, sehingga manajemen dilakukan dan didukung oleh sumber daya yang profesional.
* Melakukan efisiensi yang terarah dan pengelolaan dan pensimulasian sumber dana yang baik terhadap semua partner perusahaan.
* Menerapkan Teknologi Informasi yang tepat guna agar perusahaan dapat mengikuti teknologi masa kini yang sangat berguna untuk para partner, dealer dan konsumen.
serta sebagai perusahaan yang "terpercaya" karena:

* Didukung oleh pemegang saham yang bonafide dan manajemen yang baik.
* Penyimpanan jaminan konsumen yang aman dan hati-hati sehingga dapat dikembalikan secara utuh pada saatnya.
* Suku bunga tidak berubah sampai kontrak pembiayaan selesai walaupun suku bunga pada pasaran ada kenaikan yang luar biasa.
* Selalu memegang komitmen yang telah ditentukan.

SEJARAH
1993 PT Indomaru Multi Finance ( IMMF)didirikan pada tanggal 1 November 1993, dengan komposisi pemegang saham sebagai berikut, PT Indomobil Sukses Internasional Tbk memiliki 51% saham dan Marubeni Corporation, Jepang memiliki 49% saham.
2000 Mengalami perubahan susunan pemegang saham dengan komposisi sebagai berikut PT Indomobil Sukses Internasional memiliki 99% saham dan PT IMG Sejahtera Langgeng memiliki 1% saham.
2002 Terus mengadakan ekspansi dengan membuka cabang-cabang di seluruh Indonesia, seperti pembukaan kembali cabang Bandung, dan membuka cabang-cabang baru di Surabaya, Karawang, Bogor dan Batam.
2003 Menjadi PT Indomobil Finance Indonesia guna meningkatkan citra perseroan sebagai perusahaan pembiayaan Indomobil Group.
2004 Perseroan telah memiliki 70 Cabang
2005 Perseroan telah memiliki 136 Cabang.
2006 Perseroan telah memiliki 156 Cabang.
2007 Perseroan telah memiliki 175 Cabang.
2008 Perseroan telah memiliki 191 Cabang.
2009 Perseroan telah memiliki 196 Cabang.
2010 Perseroan telah memiliki 210 Cabang.
VISI DAN MISI
VISI Menjadi perusahaan pembiayaan produk-produk Indomobil Group yang terbaik dalam hal kepuasan pelanggan, dan terbesar dalam hal jumlah pembiayaan dan perolehan tingkat keuntungan bagi para pemegang saham.
MISI Menjadi perusahaan pembiayaan yang terpercaya, memiliki Teknologi Informasi yang tepat guna dengan jaringan cabang yang dapat mewakili seluruh potensi pasar di Indonesia, sumber daya manusia yang berkualitas, pengelolaan sumber dana yang optimal serta program penjualan yang kompetitif dan berkesinambungan.

TEKNOLOGI INFORMASI
Di IMFI,Divisi IT bertanggung jawab untuk mengembangkan, mengelola dan memelihara proses teknologi informasi pembiayaan konsumen dan sistem jaringan data yang menghubungkan semua kantor cabang.

Kami sangat memperhatikan keamanan data dalam berbagai hal, antara lain back up data otomatis dilakukan rutin secara harian, mingguan dan bulanan.
Penerapan DRC (Disaster Recovery Center) di lokasi terpisah sebagai upaya menjamin keberlangsungan operasional apabila terjadi krisis.

Divisi IT, juga mengambil langkah-langkah penting lainnya di bidang teknologi informasi, diantaranya menerapkan teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol) yang dapat mengurangi biaya komunikasi antar cabang, membuat pelatihan internal untuk karyawan dengan menciptakan metode training berbentuk video dan menyediakan IT Helpdesk dengan sambungan line telepon khusus untuk membantu karyawan di dalam pemanfaatan dan masalah yang berhubungan dengan teknologi informasi.

FINANCE & ACCOUNTING
Divisi ini dibagi menjadi bagian Finance, Accounting dan Treasury.
Bagian Finance fokus kepada pencairan dana untuk pembiayaan konsumen dan pengeluaran biaya operasional,
Bagian Accounting fokus kepada membukukan semua transaksi yang terjadi dan merangkumnya dalam laporan keuangan,
Bagian Treasury fokus kepada pengelolaan dan pengalokasian sumber dana agar dapat dipergunakan secara optimal.

HUMAN RESOURCE
Sumber Daya Manusia merupakan salah satu asset penting dalam industri jasa yang memerlukan pengembangan berkesinambungan untuk menjaga kualitas jasa kami. Untuk itu kami mengembangkan karyawan kami dengan training, seminar, outing dan penghargaan untuk memotivasi mereka berkerja dengan dedikasi tinggi demi melayani customer dengan baik. Saat ini, kami memiliki 2565 karyawan pilihan yang tersebar di 191 cabang, jumlah dan kualitas akan terus meningkat sejalan dengan ekspansi bisnis kami.

GENERAL AFFAIR
Sebagai Support dari bagian lain, kami berusaha untuk memenuhi kebutuhan dari bagian lain, agar bisa bekerja dengan cepat dan lancar. Dengan semakin berkembangnya bisnis, kami senantiasa memperbaiki sistem pengelolaan di General Affair: perbaikan sistem pengadaan dan distribusi barang, pengelolaan, control dan Maintenance Asset.

SYSTEM PROCEDURE
Bersama-sama dengan departemen yang lain, kami selalu berusaha untuk memperbaiki dan mengembangkan Sistem Prosedur perusahaan guna memperlancar operasional perusahaan agar lebih efektif dan efisien sesuai dengan tuntutan jaman.
Kami percaya dengan flow bisnis yang rapi dan terencana dengan baik akan semakin memperkokoh fondasi perusahaan untuk lebih dapat bersaing dimasa yang akan datang

INTERNAL AUDIT
Terus berusaha mengembangkan diri & kemampuan sesuai dengan perkembangan organisasi, dan dengan sasaran & program kerja yang jelas dan sistematis serta dengan mendapat dukungan penuh dari top level manajemen akan selalu berusaha untuk menjaga asset & kepentingan dari perusahaan.
Internal audit diharapkan dapat menjadi partner dari manajemen dan dapat memberikan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.